Tips Latihan Jago Bermain Game atau Menjadi Atlet Esports

Tips Latihan Jago Bermain Game atau Menjadi Atlet Esports

Untuk bisa menjadi lebih jago dalam bermain game, seorang pemain mesti sering laksanakan latihan dan meningkatkan kemampuannya. Ini berlaku untuk semua pemain di semua level, menjadi berasal dari pemain biasa yang hanya menginginkan bermain lebih baik, pemain yang menginginkan memanjat leaderboard, atau mereka yang bermain secara profesional dan menginginkan memenangkan turnamen.

Namun latihan dalam video game bukan artinya semata-mata bermain sebanyak, sesering, dan selama mungkin. Hanya semata-mata meningkatkan jam latihan tidak akan memberikanmu apa-apa jikalau kamu tidak mempunyai susunan dan basis latihan yang jelas. Sebaliknya, kamu malah hanya akan melenyapkan saat dan tidak berkembang sama sekali.

Kali ini, kita akan memberi tambahan tips sehingga kamu bisa laksanakan latihan yang efisien dalam bermain game. Tips ini berlaku untuk semua game esports, menjadi berasal dari Dota 2, Mobile Legends, Free Fire, sampai Hearthstone Game Snitch .

1. Pahami Game yang Kamu Mainkan
tips laksanakan latihan yang efisien untuk berkembang dan menjadi atlet esports 6
Sebelum kamu menjadi memikirkan apa yang menginginkan kamu latih dan kembangkan, pastikan kamu tahu apa yang kamu mainkan. Karena kita mengulas video game, ini artinya tahu bagaimana langkah kerja game tersebut. Jika kamu menginginkan berlatih memakai pembawaan tertentu, cari tahu langkah kerja pembawaan tersebut. Jika kamu menginginkan menguasai elemen atau mekanik tertentu dalam game tersebut, cari tahu langkah kerjanya.

Anggaplah kamu menginginkan berlatih memakai Enigma di Dota 2. Berarti kamu mesti melacak tahu bagaimana semua skill Enigma bekerja, semua atribut yang ia mempunyai menjadi berasal dari stats sampai movement speed, apa perannya dalam permainan, dan bagaimana langkah memainkannya. Dari situ kamu bisa mempunyai arah latihan yang tahu saat mencoba memakai hero tersebut.

Seberapa banyak perihal yang kamu pelajari bergantung berasal dari seberapa dalam dan rumit game yang kamu mainkan. MOBA seperti Dota 2 dan Mobile Legends apabila mempunyai kompleksitas yang tinggi dan mesti saat sangat lama untuk dikuasai. Saran saya, untuk game yang rumit, pelajari semua aspeknya satu per satu, pembawaan per karakter, menjadi berasal dari elemen dan mekanik yang paling basic sampai yang paling rumit. Ini akan menyebabkan sistem belajar dan latihanmu lebih progresif.

Ada banyak langkah untuk laksanakan ini. Kamu bisa membaca beragam anjuran yang ada di internet dan mencobanya, atau kamu bisa melacak tahu secara langsung bersama dengan bermain di empty map, menghadapi AI, atau bersama dengan rekan yang kamu kenal dan rela membantumu belajar.

2. Tentukan Target Latihan yang Jelas, Lalu Cari Cara Latihan yang Tepat
tips laksanakan latihan yang efisien untuk berkembang dan menjadi atlet esports 4
Ini adalah perihal yang paling penting dan sering dilewatkan saat kamu bermain dan menginginkan menjadi lebih baik. Sebelum menjadi bermain, tentukan terlebih dahulu apa yang menginginkan kamu capai. Kamu menginginkan lebih jago dalam laksanakan apa, atau menginginkan melakukan perbaikan kekurangan yang mana? Lalu, untuk mencapai itu, apa yang mesti kamu laksanakan dalam permainan?

Apa yang menginginkan kamu mencapai sebaiknya spesifik. Kamu tidak bisa semata-mata menyatakan “ingin bermain sebagai support bersama dengan lebih baik” saat bermain Overwatch. Ada banyak bagian berasal dari permainan support yang mesti diperhatikan, menjadi berasal dari prioritas target, pengambilan posisi, dan juga pergerakan dalam arena permainan.

Aspek tersebut juga sangat berbeda untuk masing-masing karakter. Misalnya, langkah Mercy menyita posisi dan bergerak sangat berbeda bersama dengan Ana yang tahu lebih ofensif. Jadi bagaimana caramu berlatih memakai ke-2 pembawaan tersebut tentu berbeda, meskipun dalam Overwatch keduanya adalah pembawaan support.

tips laksanakan latihan yang efisien untuk berkembang dan menjadi atlet esports 5
Ini juga berlaku untuk latihan dalam bentuk tim. Tentukan apa yang menginginkan kamu kembangkan secara kolektif. Apakah timmu inging mencoba dan menyempurnakan sebuah siasat baru, belajar menghadapi siasat tertentu berasal dari lawan, atau menginginkan meningkatkan segi tertentu dalam permainan tim?

Dalam Free Fire misalnya, bisa saja timmu lumayan jago dalam urusan skill individu, tapi selamanya kalah di late game sebab pengambilan ketentuan yang buruk. Kalau begitu tidak ada salahnya menyorot segi tersebut dalam latihanmu.

Setelah tahu apa yang menginginkan kamu capai, cari tahu langkah untuk mencapainya bersama dengan efektif. Tergantung tujuan yang menginginkan dicapai, kamu mungkin tidak mesti bermain sangat serius. Misalnya, jikalau kamu menginginkan mengenal bentuk peta dalam PUBG Mobile, Free Fire, atau apalagi CS:GO, kamu lumayan laksanakan dry run sendiri atau bersama dengan temanmu dan mengitari peta tersebut untuk mengenalnya bersama dengan baik.

3. Selalu Evaluasi Kembali Hasil Latihan atau Permainanmu
tips-latihan-atlet-esports-mobile-legends
Evaluasi diri juga penting untuk meningkatkan kemampuan. Dengan menilai kemampuanmu sendiri, kamu akan tahu apa saja kekurangan dan perihal yang mesti kamu meningkatkan dalam permainanmu. Dari situ, kamu bisa pilih bagaimana dan apa yang mesti kamu fokuskan dalam latihanmu nanti.

Ada banyak langkah untuk mengevaluasi permainanmu. Game MOBA seperti Dota 2 dan Mobile Legends mempunyai semua fitur yang kamu perlukan untuk evaluasi, menjadi berasal dari score card sampai rekaman pertandingan yang kamu mainkan sebelumnya. Game lain juga mempunyai lebih dari satu fitur yang memungkinkanmu untuk menyaksikan lagi performamu di pertandingan yang telah lalu.

Kalau kamu menjadi ada problem untuk mengevaluasi permainanmu sendiri, coba bandingkan bersama dengan permainan orang lain yang terbukti lebih jago. Situs streaming seperti YouTube dan Twitch mempunyai banyak video gameplay berasal dari pemain profesional yang bisa kamu jadikan perbandingan untuk evaluasi.

4. Berpikir Terbuka dan Teruslah Belajar!
tips laksanakan latihan yang efisien untuk berkembang dan menjadi atlet esports 1
Game moderen saat ini, terlebih game kompetitif atau esports, selamanya mengalami perubahan. Ide dan langkah bermain yang baru selamanya lahir berasal dari pemain di semua dunia. Di sisi lain, developer game juga selamanya memberi tambahan patch update dan menyebabkan game yang kamu mainkan berubah.

Dengan adanya pergantian dan gagasan baru tersebut, apa yang kamu ketahui dan kuasai di awalnya mungkin telah tidak berlaku. Kamu akan dituntut untuk terus belajar, melacak tahu, dan mencoba perihal baru yang belum dulu kamu menyaksikan sebelumnya.

Ini berlaku di semua game esports dan juga game lain yang mempunyai diversity yang sangat luas. Misalnya, jikalau saat bermain Hearthstone deck Zoo Warlock yang kamu kuasai tiba-tiba sering kalah menghadapi deck tertentu, cari tahu apa penyebab kekalahanmu. Dari situ, sesuaikan deck yang kamu memakai bersama dengan mengganti lebih dari satu kartu yang diperlukan, atau mungkin memakai deck lain tak hanya Zoo Warlock.

tips laksanakan latihan yang efisien untuk berkembang dan menjadi atlet esports 2
Hal yang sama juga berlaku untuk game MOBA. Satu hero mungkin mempunyai lebih dari satu build yang efisien sebab lebih dari satu segi seperti lawan yang dihadapi atau kondisi permainan saat itu. Jadi jikalau kamu sering kalah saat memakai satu build, coba memakai build yang berbeda.

Jangan keras kepala dan berasumsi bahwa pengetahuan dan langkah bermainmu telah sempurna hanya sebab kamu menjadi telah berlatih keras. Pemikiran ini akan membuatmu malas untuk belajar dan berkembang.

Berpikir terbuka juga artinya kamu mesti bisa menerima masukan berasal dari orang lain. Jika temanmu atau rekan setimmu mencoba memberi tambahan gagasan atau mengeluarkan gagasan build Karrie yang sedikit berbeda, dengarkanlah dan hiraukan bersama dengan baik. Mungkin saja gagasan atau gagasannya bisa dicoba dan membuatmu lebih menguasai Slark di Dota 2. Kalaupun gagal, paling tidak kamu menjadi lebih tahu dinamika hero tersebut.

Baca juga: Panduan hero Dota 2: Slark

5. Lakukan Terus Menerus
tips laksanakan latihan yang efisien untuk berkembang dan menjadi atlet esports 3
Berlatih dan menguasai suatu hal tidak akan bisa dikerjakan jikalau kamu hanya melakukannya sekali. Kamu mesti melakukannya berkali-kali, terus menerus sampai kamu otak, mata, dan tanganmu bisa melakukannya bersama dengan cepat dan tanpa sadar.

Ketika bertindak, otak kita mengirimkan Info ke otot untuk selanjutnya laksanakan tindakan tersebut. Berkali-kali laksanakan tindakan yang sama terus menerus akan menyebabkan sistem pengiriman Info tersebut menjadi lebih cepat. Jadi, jikalau kamu melatih tindakan atau gerakan yang sama terus menerus, kamu akan laksanakan gerakan tersebut bersama dengan sangat cepat.

Tidak ada yang tahu tentu berapa lama dan berapa kali kamu mesti berlatih laksanakan gerakan atau tindakan yang sama terus menerus untuk bisa melakukannya secepat mungkin. Namun yang pasti, untuk menguasai sesuatu, berlatihlah terus menerus sampai kamu menjadi bisa melakukannya bersama dengan optimal, cepat, mudah, dan percaya diri.

Jadi, latihan seperti laksanakan last hit di game MOBA, atau aiming di game FPS tidak bisa dikerjakan hanya sekali. Lakukan terus menerus sehingga kamu bisa melakukannya bersama dengan benar dan cepat seolah tanpa sadar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *