Bagaimana penukar panas industri bekerja

Agar suatu industri dapat berfungsi dengan baik, Posting Tamubanyak hal yang harus dipikirkan, terutama untuk memiliki suhu yang baik meskipun ukuran bangunannya besar dan agar mesin bekerja dengan benar, terus-menerus dan tanpa hambatan yang tiba-tiba. Di beberapa industri, penting untuk memasang penukar panas industri , perangkat yang memungkinkan pertukaran energi panas antara dua cairan dengan suhu berbeda. Perangkat ini digunakan di industri besar di mana ada kebutuhan untuk mempertahankan suhu tetap di beberapa area atau untuk mengubah keadaan fluida, misalnya membuatnya dari cair menjadi gas.

Tergantung pada jenis industrinya, model Berita Teknologi Terbaru yang tepat harus dipilih untuk memastikan efisiensi maksimum dalam prosesnya. Faktor pilihan dapat berupa: bahan yang digunakan untuk membuat alat, kemudahan penggunaan, segel (jika bekerja dengan cairan beracun), biaya perawatan (yang juga bisa sangat tinggi), keandalan dan keamanan. Tapi bagaimana Berita Techno tepatnya penukar panas bekerja dan model apa yang paling umum yang dapat Anda temukan di pasaran?

Apa itu penukar panas
Tidak semua industri membutuhkan penukar panas, tetapi hanya yang harus melakukan proses produksi tertentu, seperti: pasteurisasi, sterilisasi, perubahan keadaan seperti kristalisasi, penguapan atau kondensasi, atau pendinginan atau pemanasan arus fluida. Dari sini dapat disimpulkan bahwa peralatan ini sangat diperlukan dalam industri makanan atau kimia dan petrokimia, dimana lingkungan produksinya harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Penukar panas industri yang paling umum adalah yang memiliki pelat, cangkang dan tabung atau gulungan bersirip.

Pilihan bervariasi dari jenis produksi yang akan dilakukan, ukuran pabrik industri dan standar keselamatan yang harus dihormati. Perbedaan utama yang harus dibuat adalah antara penukar air/udara dan penukar udara/udara, karena mereka memiliki perbedaan harga, fungsi dan metode penggunaan.

Penukar air/udara
Penukar air/udara untuk keperluan industri mampu mendinginkan/memanaskan lingkungan dalam waktu yang sangat singkat. Mereka dipilih di gedung yang sangat besar daripada AC karena menawarkan penghematan besar dalam hal energi dan uang. Biasanya, industri memilih penukar panas ini jika udara di dalam pabrik berminyak atau penuh debu, karena mencegah kelembaban masuk ke panel listrik. Penukar air/udara hanya dapat dipasang jika suhu di luar sistem lebih tinggi daripada di dalam.

Penukar udara/udara
Penukar udara/udara untuk keperluan industri biasanya dipasang ketika suhu eksternal sistem lebih rendah daripada suhu internal. Peranti ini sempurna untuk sistem atau ruangan yang sangat kecil, karena memiliki kapasitas pendinginan yang lebih rendah daripada penukar air/udara, namun juga memerlukan perawatan yang lebih sedikit.

Berbagai jenis penukar panas
Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai jenis penukar panas, dibuat dengan solusi berbeda berdasarkan kebutuhan Anda, yang dapat berbeda berdasarkan jenis industrinya.

Penukar panas paling sederhana dan paling standar adalah tabung ganda, yang terdiri dari 2 tabung konsentris dengan diameter berbeda: fluida pertama mengalir dalam tabung berdiameter lebih kecil sedangkan fluida kedua mengalir dalam saluran annular di antara kedua tabung. Aliran dapat terdiri dari dua jenis: equi-current (ketika fluida bergerak ke arah yang sama) atau counter-current (ketika fluida bergerak ke arah yang berlawanan).

Penukar panas tabung dan cangkang adalah model yang paling banyak digunakan dalam aplikasi industri. Jenis penukar ini dicirikan oleh banyaknya tabung yang menyusunnya (bahkan bisa ada ratusan tabung) dan cangkang silinder yang menampungnya.

Pelat penukar panas terdiri dari pelat logam dengan lubang yang memungkinkan cairan melewati saluran kecil. Keunikannya terletak pada sisi pelat yang bersentuhan dengan fluida panas dan dingin secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *